5 Alasan Olahraga Senam Cocok untuk Semua Umur

September 29, 2017

Sejak masih SD, olahraga senam sudah mulai digemakan. Ini pertanda bagus. Agenda senam pagi untuk anak-anak bisa membuat badan lebih sehat. Mereka butuh itu untuk pertumbuhan fisik dan peningkatan kecerdasan otak. Tak terbatas anak kecil. Baik remaja hingga lanjut usia pun bisa mempraktikkannya. Namun beda gerakannya. Lantas, apa saja alasan olahraga senam cocok untuk semua umur?

Senam Dilakukan Bersama-sama

Peran senam tidak hanya menyehatkan, tetapi juga sangat edukatif. Semua orang yang lagi senam tanpa sadar tengah dilatih kekompakannya. Gerakan-gerakan yang terstruktur secara alami. Hitungan per gerakan. Lagu yang ceria. Bagian-bagian itulah yang mampu membangkitkan semangat di antara para pesenam. Hampir tidak ada percekcokan sejak senam dimulai.

Ada Lagu Pembangkit Semangat

Lagu-lagu seperti inilah yang sangat dibutuhkan semua orang. Bukan lagu galau dan penuh dengan nada-nada falsetto yang menyayat. Ditambah lagi bisa dikombinasikan dengan gerakan. Lengkap sudah. Fungsi lagu itu sendiri mampu membuat otak yang semula stres bisa fresh kembali usai senam. Semacam terapi, tetapi tidak ada beban pikiran soal penyakit.

Senam Bisa Bikin Lebih Percaya Diri

Sifat percaya diri dibutuhkan semua orang dari kalangan usia. Umumnya saat olahraga senam, banyak orang yang menonton dari luar lingkaran. Kalau Anda semula adalah orang penakut dan tidak mudah beradaptasi dengan lingkungan, bisa dimulai dengan agenda senam pagi. Secara bertahap, Anda akan lebih percaya diri karena berkumpul dan disaksikan orang banyak.

Senam itu Banyak Jenisnya

Ini pula alasan senam sangat cocok untuk semua kalangan, baik dari segi usia maupun jenis kelamin. Bahkan senam sudah dimasukkan ke cabang olahraga yang dipentaskan di Sea Games, lho. Namun khusus senam artistik, ya. Jenis senam diklasifikasikan berdasarkan tujuannya. Misalkan untuk ibu hamil, ada senam khusus. Untuk anak balita, juga ada senam khusus.

Mengenai pemberian nama masuk ke ranah legitimatif. Tidak ada yang bisa memastikan. Semua pihak boleh mengklaim jenis senam termutakhir tanpa harus mengacu pada aturan konvensional. Beberapa jenis senam populer di antaranya senam artistik, senam akrobatik, senam ritmik, senam aerobik, senam trampolin, senam lantai, senam kesegaran jasmani, dll.

Tidak Membutuhkan Biaya

Umumnya, olahraga ini dilakukan pada akhir pekan. Khususnya di kota-kota besar, agenda kegiatan semacam ini sudah bukan hal yang baru lagi. Bahkan sudah ada yang membentuk kelompok sekaligus leader-nya. Kenapa bisa tidak membutuhkan biaya? Sebab, di kota sudah ada area khusus untuk olahraga. Anda tinggal menyetel lagu senam, terus langsung bisa beraksi.

Siapa yang tidak suka senam? Semua pasti suka. Para musisi boyband dan girlband juga melakukan koreografi dengan menerapkan prinsip dasar senam. Asalkan ada musik yang memiliki ketukan bagus, senam bisa dilakukan. Anda juga bisa menciptakan gerakan sendiri. Nanti diperkenalkan ke teman-teman hasil kreasi Anda. Siapa tahu mereka akan mengadopsi karya Anda.

No Comments

Comments are closed.