5 Persiapan Lari Maraton yang Efektif agar Kuat sampai 42 Kilometer

September 29, 2017

Sepintas, lari maraton tampak mudah. Cuma lari-lari ringan bersama banyak orang. Tapi jangan keliru, rupanya cabang lari ini tergolong olahraga kelas berat, lho. Banyak yang berguguran sepanjang jalan menuju 42 kilometer dalam  perlombaan. Untuk itu, ada persiapan lari maraton yang efektif agar Anda bisa menaklukkannya. Terutama untuk pelari maraton wanita, tips ini wajib diterapkan agar bisa sukses.

Perbanyak Minum Teh Hijau

5 Persiapan Lari Maraton yang Efektif agar Kuat sampai 42 KilometerBagi seorang atlet, kebutuhan pola makan dan pola minum yang baik wajib dijaga. Lari maraton memerlukan stamina yang kuat agar bisa bertahan lama. Jadi tidak sembarangan mengonsumsi makanan dan minuman. Cobalah mengonsumsi minuman teh hijau setiap hari. Berkat kandungan antioksidan, konsumsi rutin bisa bikin Anda tidak mudah lelah saat lari.

Latihan Terjadwal

Dalam upaya menggapai kesuksesan apa pun, sikap disiplin sangat wajib diterapkan. Sikap inilah yang mampu melahirkan tanggung jawab. Tidak terkecuali dalam upaya persiapan lari maraton. Harap jadwalkan latihan maraton, misalnya dengan latihan seminggu 2 kali dalam jarak tempuh 10 kilometer. Sementara hari-hari lain fokus pada latihan yang lebih ringan.

Setelah merasa sanggup, coba taklukkan jarak tempuh 42 kilometer. Namun, di sini peran motivasi dalam diri juga tak kalah penting. Dengan motivasi yang kuat, seseorang yang semula berkemampuan 0% bisa jadi atlet profesional. Identifikasi dan tanyakan pada diri sendiri, “Apa alasan utama saya ingin sukses dalam lari maraton?”

Tidak Mencampurkan Antara Lari Ringan dan Jalan Cepat

Untuk sukses menaklukkan lari maraton, Anda tidak butuh kombinasi antara lari ringan dan jalan cepat. Cukup fokus pada lari ringannya saja. Seorang pekerja keras umumnya selalu menantang diri agar bisa melakukan sesuatu di luar batas kemampuan. Hanya dengan inilah ia bisa berkembang, bahkan meningkat pesat.

Jaga Waktu Tidur Anda

Begadang sangat tidak disarankan untuk calon atlet maupun atlet maraton. Tidur yang cukup membuat jantung dan badan lebih bugar saat terbangun. Perhatikan perbedaan antara orang yang bergadang dan yang tidak. Begitu pagi menyingsing, apa yang akan Anda lihat dari mereka? Yup! Perbedaan stamina. Orang yang tidurnya cukup lebih siap menjalani hari.

Pilih Sepatu yang Sesuai dengan Ukuran Kaki

Sepatu yang pas tidak hanya nyaman, tetapi juga aman. Berapa pun jarak tempuh yang Anda ingin taklukkan tidak jadi masalah. Sebaliknya, apabila Anda memakai sepatu yang tidak sesuai ukuran kaki, potensi kesleo, bengkak, dan kerugian lain jadi mudah terjadi. Apabila Anda ingin mengikuti lomba, wajib perhatikan soal kenyamanan sepatu, ya.

Selain kelima persiapan di atas, Anda juga bisa coba dengan sering konsumsi sayuran per hari. Nanti Anda akan merasakan hari-hari Anda dipenuhi dengan pikiran segar. Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari program lari maraton. Salah satunya Anda akan terhindar dari upaya serangan jantung di usia muda – dewasa. Begitu ada gelaran lomba maraton, tunggu apalagi? Tangkap peluang itu!

No Comments

Comments are closed.