5 Tips Menguasai Kemampuan Dasar Olahraga Panahan

September 29, 2017

Olahraga panahan sangat populer di dunia. Ada sebab khusus kenapa olahraga ini tidak pernah absen dalam perlombaan. Antara lain karena manfaatnya begitu banyak. Panahan bisa bikin konsentrasi Anda terjaga, melatih keseimbangan, menjaga kesehatan jantung, dan lain-lain. Bagi Anda yang tertarik menguasai kemampuan dasarnya, terapkan dulu program latihan membentuk sikap seorang atlet memanah terlebih dahulu.

Latihan Sikap Berdiri

Sikap berdiri yang bagus saat memanah tidak terlepas dari peran keseimbangan pada kaki. Ada 2 posisi ideal yang bisa Anda coba. Pertama, coba dengan kaki sejajar. Pastikan poisisi kaki tepat di depan titik target. Kedua, dengan posisi kaki menyerong dari titik target. Tapi jangan sampai posisi kaki tidak sejajar, ya.

Pilih Anak Panah yang Ideal

Ukuran anak panah juga bisa berpengaruh saat dilepaskan dari busur. Pilih yang tidak terlalu besar maupun yang tidak terlalu kecil. Yang penting pas dan masuk ke nock (tempat anak panah). Pastikan Anda tidak meletakkan tali busur pada ruas pertama jari. Baik bagian atas, maupun bawah. Soalnya bisa membahayakan jari Anda.

Atur Mindset sebelum Memanah

Peran mindset dalam memanah sangat penting. Memanah perlu konsentrasi dan tingkat kepercayaan diri yang tinggi. Jadi, sebelum memanah alangkah baiknya Anda melakukan pengaturan napas terlebih dahulu. Adapun latihan hariannya untuk meningkatkan konsentrasi bisa dengan meditasi. Nanti keberanian saat memanah akan meningkat drastis.

Cara Menarik Tali Busur yang Benar

Hasil memanah juga ditentukan dari bagaimana Anda saat menarik tali busurnya. Tidak boleh asal-asalan. Posisi tali busur harus menyentuh dagu Anda. Namun sebelum sampai ke dagu, pastikan dulu tali busur yang ditarik telah melewati hidung dan bibir. Cara ini agar Anda bisa menciptakan ketenangan sebelum anak panah benar-benar dilepaskan.

Atur Ritme Pernapasan

Memanah adalah seni. Saat busur diangkat, pernapasan yang dipakai tentu saja pakai teknik diafragma. Pada waktu menarik tali busur, bernapaslah serileks mungkin. Ambil napas perlahan-lahan dan setahap demi setahap pada setiap kali Anda melakukan gerakan memanah. Cara ini untuk membentuk detak jantung yang pas, sehingga tidak ada getaran kasar.

Posisi Tangan Setelah Melepaskan Anak Panah

Posisi tangan yang bagus setelah anak panah terlepas tentu masih menempel di dagu. Tapi boleh juga sedikit diturunkan ke dekat leher. Efek yang ditimbulkan sangat besar. Bahkan bisa menentukan akurasi yang baik atau buruk. Di sana Anda akan banyak bermain-main dengan irama. Seperti seni apa pun, apabila Anda sudah menemukan iramanya, semua akan mudah.

Setelah tahu teknik dasarnya, langkah berikutnya Anda bisa mengambil jasa seorang instruktor panahan handal. Namun kalau Anda belum menguasai teknik dasarnya, jangan harap bisa menaklukkan panahan dalam waktu singkat. Apalagi saat mengembangkan teknik lanjutan. Dalam olahraga panahan mungkin tampak simpel. Tapi Anda akan butuh usaha keras untuk mencapai bidikan yang jitu.

No Comments

Comments are closed.